Monday, June 24, 2013

Memijat Bayi

Bunda, Mari Memijat Bayi

Dahsyatnya sentuhan tangan ibu yang hangat, mampu menenangkan bayi Anda. Belaian merupakan salah satu jenis pemijatan sederhana. Namun pada dasarnya, memijat bayi adalah hal yang baik untuk kesehatan bayi.

Dengan pijatan, ternyata bisa menguatkan sistem imun tubuh, melancarkan peredaran darah, melegakan otot yang kaku, melancarkan pernafasan, membantu melancarkan sistem metabolisme pada tubuh serta mengatasi perut kembung. Ibu adalah terapis terbaik untuk bayi. Selain sentuhan yang menenangkan dan menyenangkan bayi, hal ini juga menjadi media berkomunikasi antara ibu dan bayi.

Idealnya bayi dipijat sekitar 40-50 menit setelah pemberian makan, karena bayi sedang sangat aktif dan berada dalam perasaan yang senang. Mulailah dengan 5-10 menit pijatan dan secara bertahap bisa ditambahkan. Bayi usia tiga bulan idealnya sudah siap untuk dipijat sekitar 30 menit.

Jangan menggunakan aksesoris pada tangan dan potong kuku Anda sependek mungkin. Tangan Anda harus hangat dan lembut. Gunakan alas tidur yang empuk agar bayi merasa nyaman. Ada empat tahap dalam pemijatan yaitu belaian, mengusap, memijat dan menepuk lembut. meski dilakukan dengan lembut, namun Anda harus yakin dalam melakukannya.

Belai bayi Anda, lalu perlahan berikan usapan untuk menghangatkan otot-ototnya. Usap dengan arah memutar hingga kulit bayi Anda mulai sedikit pink. Kemudian mulai pijat otot-ototnya. Lakukan seperti menguleni adonan dengan lembut. Berikan sedikit getaran dengan tepukan kecil atau goyangan, karena bayi senang dengan hal tersebut.

Pijat pada dasarnya memberi sedikit beban pada otot, namun juga merilekskan. Oleh karena itu, jangan heran bila bayi Anda akan tertidur setelah dipijat. Nah, selamat mencoba.

Sumber: Buah Hatiku

2 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Redesign by Indonez